DIY : Artprint | 4 Langkah membuat Artprint sendiri, hanya 5 menit!

by - Juli 09, 2018

DIY Artprint | Sunlight in January

Aloha guys! Kali ini ku mau bagi-bagi tutorial, yup, tutorial membuat artprint sendiri, yeay. Kalo kalian belom tau apa itu artprint, biar aku jelasin dikit. Jadi artprint ini tuh gambar yang bisa dipajang di ruang tamu, ruang tengah, kamar tidur bahkan di ruang makan, supaya lebih artsy gitu loh kesannya, dan artprint ini kebanyakannya dibuat secara digital, jadi kalo kalian mau bikin pasti harus udah terbiasa sama yang namanya Photoshop, CorelDraw, Illustrator atau yang lainnya, tapi karena aku pengguna Photoshop jadi ini tutorial Photoshop. Intronya cukup segitu aja kali ya, takut kaliannya gak sabar pengen langsung praktekin, So let's get started!

Langkah-langkah : 

1. Buat File Baru

Disini aku anggap kalian semua udah ngerti lah ya sama yang namanya Photoshop, tapi kalo ada yang mau ditanyain, tanyain di kolom komentar ya guys!

Buka Photoshop kalian, lalu buat file baru (CTRL + N), disitu kalian isi Name terserah apa aja misal artprint, terus yang penting disitu kalian pilih Presetnya Photo, Sizenya sesuai ukuran frame foto yang kalian mau pake misal Potrait, 5 x 7. Bisa juga print dengan ukuran kertas kayak A4, A5 dsb. Mau landscape atau Potrait itu terserah kalian ya :) Resolution ini kalian isi 300 ppi karena itu ukuran standar buat printing tapi kalo misal bikin buat di web 72ppi juga cukup kok abis itu klik OK.
Pengaturan untuk membuat Artprint | Sunlight in January

2. Tulis Kalimat atau Quotes Pilihan Kamu

Ok, langkah selanjutnya adalah tulis kalimat atau quotes yang kamu pengen, aku bikin kalimat “Pretty by the Heart”, nah kalian klik Horizontal Type Tool (T) lalu ketik kata-katanya, rapihin margin, ukuran dan align nya, pokoknya sesuai dengan keinginan kamu deh. Disini aku pake 2 font, untuk tulisan “Pretty” itu pake font Bristle Brush Script Demo, sisanya pake font Amatic SC.
Pretty by The Heart | Sunlight in January

3. Hias

    Let your creativity be wild guys! Disini kalian hias sesuka kalian, pokoknya buat seakan-akan ini masterpiece terhebat kalian yang bakal direview artist-artist lain, haha. Aku gak akan terlalu wah untuk hiasannya, karena menjunjung tinggi Simplicity, jadi aku cuma bikin si tulisannya keliatan kayak dari emas gitu. Caranya easy peasy lemon squeezy banget, kalian pertama search “Gold Foil” or something like that, aku nemu gambarnya disini. Kalo udah kelar di download buka gambar gold foil yang kalian pilih di Photoshop. Kalo udah kebuka nanti di layer Background itu klik kanan, duplicate ke file Artprint. Nanti dia muncul di file Artprint, pastiin dia letaknya ada diatas quotes yang udah tadi ditulis, nanti klik kanan pilih Create Clipping Mask. Hasilnya nanti kayak gini, Ta-Daaaa!
    Pretty by The Heart | Sunlight in January

    4. Save dan Print

      Setelah itu jangan lupa Save (CTRL+S), save sebagai PSD atau langsung JPG/PNG itu terserah temen-temen, kalo aku sih saranin buat save PSD sama JPG/PNGnya biar nanti mau edit-edit lagi gampang tinggal buka PSDnya, abis di save kalian Print (CTRL+P), di Printer Setupnya jangan lupa kalian sesuain sama Printer kalian ya. Oiya kalo mau print kertasnya jangan pake kertas HVS ya guys, pake kertas matte atau engga pake yang semi-glossy. Setelah di print, artprintnya bisa langsung kalian tempel ke dinding atau pakein frame foto dulu terus dipajang deh. Happy crafting!
      Art Print Pretty by The Heart | Sunlight in January

      You May Also Like

      0 comments