How to Create Dreamboard for Your Dream

by - Oktober 20, 2019


For those of you who never heard of dream board or just simply want to make one, bare with me okay. I'd like to explain it to you in this article.

So, what is dreamboard?

Well, dreamboard adalah sebuah "karya" yang dibuat untuk memberikan semangat dan motivasi, sebagai visualisasi dari mimpi mimpi yang ingin kita capai. I heard that it is something related to "the law of attraction", maybe I should do some research about that and write about it in the future, so stay tune, okay! Kasarnya sih kita ngumpulin gambar yang berhubungan dengan mimpi yang ingin dicapai, terus dirangkai dan disimpen buat selalu ngingetin tiap hari kalo ada cita cita yang harus diwujudkan.

Terus siapa sih yang bisa bikin dreamboard?

The good news is that it fits for everyone, y'all! Especially kalau kamu tipe orang visionary kayak aku, seneng sama hal yang berbau visual dan seneng nyusun goals apa aja yang ingin dicapai. Ah, sekalipun mungkin kamu gak seperti yang aku sebutkan tadi, faktanya kamu nyari dan baca artikel ini kan? berarti gak terbatas sama orang orang seperti itu aja dan amat sangat seru untuk bikinnya, percaya deh, mungkin awalnya bingung kali ya layout yang cocok tuh yang kayak gimana, tapi nanti seiring berjalannya insting artistik kita pasti asik sendiri wkwk karena ya akupun merasakan, tau tau lewat 2 jam aja :"

Oke oke, aku udah beberapa kali bereksperimen dalam pembuatan "Dreamboard" ini, beberapa kali gagal dan beberapa kali aku suka banget sama hasilnya sampe gak rela buat diganti :( Kalian tahu apa yang aku dapatkan selama perjalanan itu?

Keep it simple

Aku pernah coba bikin dreamboard yang kalau dipikir-pikir dan dilihat-lihat sekarang malah keliatan stupid haha, you heard me! Disitu aku masukin semua hal yang pengen aku capai tanpa dipilih pilih dulu, dan aku maksain semuanya buat keliatan :( I kinda hate myself, why did I do that.

Everyday

Aku amat sangat menyarankan kalau dreamboard ini disimpan/dipasang di tempat yang bakal sering kalian lihat, kayak dinding kamar depan kasur karena setiap bangun tidur kalian pasti lihat kan? semacam jadi moodbooster di pagi hari. Aku sendiri pun pasang dreamboard sebagai wallpaper laptop karena aku bisa dipastikan bisa buka laptop tiap hari. Sometimes I put it on my phone wallpaper too, because, obviously, I'm on my phone everyday.

Be consistent

Konsistensi selalu jadi kunci dari semua, karena itu salah satu penunjuk kalau kita sungguh sungguh... Karena sering pun kita jadi terbiasa kan? Coba deh bikin rentang waktu setiap 1 bulan misal, jadi selalu bakal ngerasa fresh karena ada sesuatu yang baru, karena impian kita juga mungkin berubah kan dengan seiringnya waktu? hehe. Gak terpaku di intensitasnya aja, konsisten juga perlu dalam pemilihan warna. Yup, color palette is important, karena bikin dreamboard lebih enak untuk dipandang. Like I said before, aku pernah numpukin semua, yang ada malah jadi males buat diliat :( That's not the goals why we make dreamboard at the first place right? Jadi, aku tau tiap orang punya preferensi masing masing, mungkin pastel? mungkin neon? mungkin neutral? apapun itu, make it as authentic and regularly as possible because it is yours and only for your eyes!

Clear and direct

Karena ini adalah tempat kamu memvisualisasikan mimpi/goals kamu, bakal gampang banget buat hilang arah, maksudnya setiap apapun yang kamu inginkan untuk terjadi jadi kamu masukin semua. I've tried that before and it turned out ugly (af) ;( Kamu harus pilih-pilih mimpi/goals mana yang akan kamu jadikan prioritas.

To make it easier for you, you can ask some of these questions to yourself:
- what are my top 3 goals to achieve in this range of time?
- how do I want to see myself in the future?
- what are the things that I always want to have?
- which quotes/words that really speak to me?
- which color palette that suits me perfectly?

Steps

Selanjutnya ke proses yang paling menyenangkan menurut aku. Iya, kita mulai bikin proses dreamboardnya. Are you guys excited? Because I am!

Decided if it's physically or digitally made

First thing first, kalau kamu orang yang bisa menghabiskan waktu lebih dari 3 jam sama gadget sepertinya dreamboard digital bisa menjadi pilihan, entah sebagai wallpaper laptop, smartphone, tablet atau apapun itu.

But if you like to get crafty then go ahead and make your dreamboard in a physical form! Sekaligus sebagai dekorasi tambahan dan entah kenapa kalau sesuatu yang dibuat sendiri dan ada bentuk fisiknya akan sangat berkesan, in my opinion.

Gather your things

Di fase ini kita bisa nyari sumber ide dan beberapa hal yang kamu perlu, misalnya:
1. Photos
2. Color Palette
3. Quotes

And you know what? Pinterest atau We Heart It adalah tempat yang paling cocok untuk dikunjungi. In my personal preference, Instagram gak begitu membantu karena limited terhadap hashtag yang kadang suka ada sampahnya, maksud sampah tuh foto yang irrelevant dengan tag yang kita cari. Especially ketika kita masukin cuma 1 keyword, which tag should we open? I don't f know! Like, damn, there are too many! So please save yourself from frustration and just take my advice. Maybe I could make some post where can I find a perfect picture for the dream board in the future. If you want, let me know! :)

Get your hands dirty

I mean, like, do it now! Mulai susun semuanya sesuai keinginan kamu, karena referensi tiap orang berbeda, tapi kalau kamu merasa stuck, gak tau mau bikin kayak gimana, kamu bisa liat inspirasi dreamboard di Pinterestku!

Show off


Ini dia dreamboard ku edisi bulan Oktober 2019. It really does speak to my soul and my dreams, lol. Jadi, kalau kamu juga ikutin saran saran aku untuk bikin dreamboard ini dan akhirnya kamu berhasil membuat sebuah mahakarya, bisa upload dan tag aku ya! I'd like to see your art ♥ I hope this will help you in any ways! Happy crafting.

You May Also Like

0 comments